Saturday, January 26, 2019

FORMAT ANALISIS PENILAIAN HARIAN K13 KELAS 5

FORMAT ANALISIS PENILAIAN HARIAN K13 KELAS 5





Sebagai seorang pendidik (guru) tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya analisis. Entah itu pada masa kurikulum KTSP maupun pada masa Kurikulum 2013. Meskipun ada sedikit perbedaan karena dalam KTSP menggunakan pendekatan MAPEL sedangkan pada K13 menggunakan pendekatan tematik, namun kita sebagai seorang guru tentu harus membuat analisis agar dapat diketahui ketuntasan tiap peserta didik. Bagi peserta didik yang memperoleh nilai dibawah KKM tentu harus mendapat perlakuan PERBAIKAN (REMIDI), sedangkan bagi siswa yang memperoleh nilai diatas KKM bisa saja mendapat perlakuan PENGAYAAN.

Kegiatan Analisis ini biasanya dilakukan setiap selesai SUB TEMA, tapi tidak menutup kemungkinan ada yang melaksanakan kegiatan Penilaian Harian tiap TEMA. Dalam format yang akan admin bagikan, soal PH berjumlah 50 soal dengan rincian Tiap Muatan Pelajaran terdiri dari 10 soal yaitu 7 soal Pilihan Ganda, 2 Soal Isian Singkat dan 1 soal Uraian. Admin membuat soal sebanyak itu dengan tujuan agar tidak merugikan siswa, karena jika soal hanya sedikit berpengaruh pada bobot soal yang tentunya juga berpengaruh pada nilai siswa. Aplikasi ini merupakan buah karya awal dari Bapak Nir Singgih, namun sudah saya modifikasi sedemikian rupa sesuai kebutuhan.

Bagi bapak ibu yang ingin mendownload aplikasi analisis dengan 50 butir soal, dapat download disini. Namun bila ada bapak/ibu yang menginginkan aplikasi analisis dengan jumlah butir soal tersendiri, dapat menghubungi admin di WA 085648700035, agar nanti dapat dibuatkan sesuai kebutuhan bapak/ibu.

Selamat Mencoba, jangan lupa kritik dan sarannya.




Salam Guru Milenial

0 comments:

Post a Comment