Saturday, January 26, 2019

Bangkitnya Legenda yang tertidur melalui Olimpiade MIPA Kecamatan Tempeh

Bangkitnya Legenda yang tertidur melalui Olimpiade MIPA Kecamatan Tempeh 



Hari ini adalah Rabu, 23 Januari 2019. Hari yang penuh dengan aktivitas dan kegiatan pembelajaran seperti biasa di Sekolah-sekolah. Namun, hari ini juga merupakan hari penentuan jawara MIPA di Kecamatan Tempeh untuk tahun 2019. Sebenarnya kegiatan olimpiade MIPA merupakan sudah agenda rutin tahunan yang diselenggarakan mulai tingkat Kecamatan, kabupaten, propinsi hingga tingkat Nasional. 

Olimpiade MIPA di Kecamatan Tempeh diselenggarakan oleh KKG Kecamatan Tempeh yang diketuai oleh Bapak Chaerum Karyawantoro (Guru SDN Sumberjati 03). Untuk tahun ini pesertanya diwajibkan ada yang berasal dari kelas 4. Dengan tujuan agar ketika sudah ada juara 1, 2, 3 dan Harapan 1, 2, 3 yang harus dikirim ke tingkat diatasnya, tidak ada siswa yang berusia melebihi 12 tahun, seperti batasan usia yang terjadi pada tahun lalu. Tiap lembaga mengirimkan maksimal 3 siswa yang terdiri dari siswa kelas 4 dan kelas 5. Peserta IPA kurang lebih 96 siswa dan peserta Matematika kurang lebih 95 siswa yang berasal dari seluruh Sekolah Dasar Negeri dan Swasta Se-Kecamatan Tempeh.



Kegiatan diawali dengan Upacara Pembukaan yang dipimpin langsung oleh Koordinator Pelayanan Pendidikan Kecamatan Tempeh, yaitu Bapak H. Sardjono. Dalam sambutannya menyampaikan pentingnya peningkatan SDM baik itu siswa maupun guru salahsatunya melalui kegiatan olimpiade MIPA ini. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan lomba dengan penyematan tanda peserta secara simbolis.




Jam menunjukkan pukul 08.30 yang berarti siswa mulai boleh mengerjakan soal yang telah disiapkan oleh Panitia, dengan waktu lama pengerjaan 120 menit. Untuk soal IPA terdiri dari 35 soal pilihan ganda, 10 soal isian singkat dan 5 soal uraian. Sedangkan untuk Matematika terdiri dari 25 soal pilihan ganda, 10 soal isian singkat dan 5 soal uraian. Selama siswa mengerjakan soal, di sekitar ruang steril tidak ada satu pun pembina yang mendekat demi terjaganya netralitas pelaksanaan seleksi. Karena Kecamatan Tempeh ingin memperoleh hasil seleksi yang benar-benar berkualitas agar nanti di tingkat kabupaten dapat juga memberikan hasil yang terbaik.

Setelah kurang lebih 2 jam, siswa selesai mengerjakan soal. Dan lembar jawaban dikoreksi oleh panitia pelaksana. Proses ini juga berlangsung lumayan lama kurang lebih juga 120 menit atau 2 jam. Setelah proses koreksi oleh panitia tuntas, tibalah saatnya pengumuman kejuaraan untuk masing-masing bidang lomba. Hasil kejuaraan diperoleh sebagai berikut :

Juara 1 IPA         : Farhan dari SDN Tempeh Tengah 01
Juara 2 IPA         : Qonita dari SDN Tempeh Lor 01
Juara 3 IPA         : Vio dari SDN Tempeh Tengah 01
Juara Harapan 1 : Diandra dari SDN Tempeh Lor 01
Juara Harapan 2 : Ratu dari SDN Tempeh Tengah 01
Juara Harapan 3 : Faris dari SDN Tempeh Lor 01

Juara 1 Matematika               : Fazahiyah dari SDN Gesang 01
Juara 2 Matematika               : Cinta dari SDN Tempeh Lor 02
Juara 3 Matematika               : Rara dari SDN Tempeh Lor 01
Juara Harapan 1 Matematika : Nadin dari SDN Pulo 01
Juara Harapan 2 Matematika : Wisdanu dari SDN Tempeh Lor 01
Juara Harapan 3 Matematika : Rayana dari SDN Tempeh Tengah 01

Dari daftar juara diatas yang paling menonjol adalah SDN Tempeh Tengah 01 dan SDN Tempeh Lor 01. Dua SD ini masing-masing berhasil menggondol 4 dan 5 piala. Bagi SDN Tempeh Tengah 01, lomba ini merupakan bukti kebangkitan Sang Legenda yang tertidur panjang dibawah nahkoda baru Bapak Samsul Arifin yang penuh semangat dalam membawa bahteranya menuju babak baru yang diharapkan membawa kesuksesan untuk tiap event atau kegiatan yang diadakan. SDN Tempeh Tengah 01, dulunya merupakan sekolah yang melahirkan langganan juara baru tiap tahun, tak lupa juga admin sebagai alumni di dalamnya.



Semoga kebangkitan ini tidak hanya sesaat, tapi juga berkelanjutan. Dan selamat bagi para pemenang, lebih giat belajar untuk menghadapai event kabupaten yang tentunya tantangannya lebih berat. 

Salam guru milenial,
Cak Har




0 comments:

Post a Comment