Saturday, January 26, 2019

Seleksi Olimpiade Matematika dan IPA Kec. Tempeh Tahun 2017

Seleksi Olimpiade Matematika dan IPA Kec. Tempeh Tahun 2017


                     Hari ini, Kamis, 19 Januari 2017 merupakan hari yang mendebarkan bagi sebagian anak-anak peserta Olimpiade Matematika dan IPA di Kecamatan Tempeh. Mengapa? Karena hari inilah ditentukan siswa pilihan yang berhak mewakili Kecamatan Tempeh untuk mengikuti OSN tingkat Kabupaten Lumajang. Untuk kegiatan hari ini, tiap sekolah mengirimkan 2 wakil terbaiknya di tiap-tiap lembaga, maksimal adalah siswa kelas 5. 
                   Kegiatan hari ini dimulai dengan sesi pendaftaran yang dimulai pukul 07.00. Namun, sebelum pukul 07.00 sudah banyak siswa yang mendaftarkan diri, ini membuktikan bahwa antusiasme pendidikan di Kecamatan Tempeh yang semakin membaik. Pendaftaran berlangsung kurang lebih selama 30 menit. Tiap bidang mapel dibagi ke dalam dua ruangan. Sehingga tidak ada siswa dalam satu ruang yang berasal dari sekolah yang sama. Hal ini bertujuan agar pelaksanaan lomba berlangsung benar-benar fair, sehingga nantinya akan menghasilkan siswa siswi terbaik yang berhak mewakili Kecamatan Tempeh.
                    Waktu menunjukkan pukul 07.30 yang berarti waktunya pelaksanaan Upacara Pembukaan. 



Upacara pembukaan dimulai dengan beberapa acara. Diantaranya laporan ketua panitia pelaksana, yang dalam hal ini disampaikan oleh Bapak Sukiswanto. Kemudian sambutan Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Tempeh, yang dalam hal ini disampaikan oleh Bapak NGATIMIN. Selain memberikan sambutan, Kepala UPT juga menyematkan tanda peserta dan sekaligus membuka acara. 
             Setelah acara Upacara pembukaan selesai, setiap peserta memasuki ruangan untuk bersiap mengerjakan soal. Lama mengerjakan soal yaitu 120 menit atau 2 jam. Peserta mulai mengerjakan pada pukul 08.10. Kegiatan berlangsung dengan tertib dan lancar. Hampir tidak ada hambatan yang berarti. Waktu menunjukkan pukul 10.10, yang berarti kesempatan untuk mengerjakan soal sudah berakhir.

              Tibalah saatnya kegiatan koreksi. Koreksi soal dilakukan oleh 8 orang. Terdiri dari 4 orang mengoreksi matematika dan 4 orang mengoreksi IPA. Tim korektor Matematika terdiri dari : Bapak Drs. Muh. Yusni, Ibu Arini, Bapak Chaerum K, dan Bapak Hariyanto. Sedangkan untuk Korektor IPA terdiri dari : Bapak Sudibyo, Bapak Ridwan Arief, Ibu Sumiati dan Ibu Suryani. Kegiatan Koreksi ini juga berjalan lancar berkat dukungan dari K3S, Bapak Pengawas dan juga kepala UPT Pendidikan Kecamatan Tempeh. 
                     Pukul 12.30 pengumuman pemenang dilakukan oleh Ketua K3S yaitu Bapak Sukiswanto. Olimpiade MIPA tahun 2017 ini menghasilkan para juara sebagai berikut : 
Matematika : 
Juara 1 diraih oleh NADZIFAH NUR FADILA dari SDN Gesang 01
Juara 2 diraih oleh AMALIA RAHMAH RIYADI dari SDN Tempeh Lor 01
Juara 3 diraih oleh BAGUS DWI PANGESTU dari SDN Tempeh Lor 01

IPA :
juara 1 diraih oleh SITI QISMATUL MAWADDAH dari SDN Kaliwungu 02
juara 2 diraih oleh SILVI DINDA NUR AINI dari SDi Al Firdaus
juara 3 diraih oleh M. TAUHID dari SDN Tempeh Lor 01

itulah para pemenang OSN 2017, dilanjutkan dengan penyerahan Trophy oleh Bapak Pengawas SD yaitu Bapak SAMSUL dan Bapak TATONG






        Demikianlah kegiatan Seleksi Olimpiade MIPA untuk tingkat SD di tingkat Kecamatan Tempeh. Selamat bagi para pemenang, semoga bisa membawa nama Lumajang di tingkat Kecamatan. Terima Kasih kepada K3S, Bapak Pengawas SD, Kepala UPT Pendidikan, dan segenap panitia yang telah sukses menyelenggarakan kegiatan ini. Sampai ketemu lagi di kejuaraan yang mendatang.

Bagi pembaca yang ingin berlatih soal olimpiade IPA, bisa download di bawah ini :

Latihan soal diatas merupakan file yang kami dapat dari sahabat saya. Trima kasih semoga bermanfaat.



0 comments:

Post a Comment